Monday, April 17, 2017

Tutorial : Atasi PC Nyala Tapi Tak Muncul Apa-apa


     Oke agan-agan semua saya akan membagikan sedikit informasi yang pernah saya alami yang mungkin berguna untuk agan sekalian. Saya pernah menghidupkan komputer yang baru saja diperbaiki vganya namun beberapa hari kemudian pc saya tak muncul apa apa namun kipas menyala, lambat laun saya akhirnya beranikan untuk bongkar cpu saya.

     Saya copot vganya dan saya coba di komputer kakak saya namun komputer itu tidak apa apa, saya coba bersihkan kipas dan cpunya namun tetap tidak bisa, saya coba untuk mencopoti kabelnya dan kemudian meminjam power suppply, tetapi tetap saja komputer tidak muncul apa apa, saya coba bersihkan ramnya namun tetap juga tidak bisa dan saya mulai mencari kendala di internet tapi saya coba semua dan tidak ada yang berhasil.
Hasil gambar untuk membersihkan ram dengan penghapus
     Di salah satu blog ada yang menjelaskan bahwa ketika komputer rusak maka akan terdengar suara beep beberapa kali untuk mendeteksi kerusakan komputer, namun komputer saya tidak terdengar suara apapapun, saya coba untuk melihat ternyata sound cardnya putus, dan saya coba untuk menyambungkan.
Hasil gambar untuk sound beep komputer


    BIOS saya adalah phoenix jadi saya lihat kode suara beep untuk bios saya, dan akhirnya komputer saya berbunyi beep panjang beberapa kali, dan itu tandanya adalah ram yang eror, dan saya ganti dengan ram baru dan akhirnya laptop saya bisa menyala, yee :'v :'v
jadi teman teman untuk mendeteksi kesalahan awal harus berdasarkan suara beep karena itu termasuk POST, semoga membantuu
 

No comments:

Post a Comment

Komentarlah Dengan Baik Dan Sopan..